My First Published Program

Alhamdulillah, setelah berkutat beberapa hari dengan kondisi tubuh yang tak menentu, akhir karyaku jadi. Sebenernya karya kami sih, kami kelompok praktikum atlas dan peta navigasi 2012.

Ya, Atlas Elektronik Sosial Ekonomi Jawa Timur. Itulah yang kami buat. Kami berbagi tugas, ada yang  mencari data statistik kemudian diolah dan dibuat kelas, ada yang membuat peta berdasarkan data statistik, ada yang mencari deskripsi dan foto, dan aku bagian buat atlas elektroniknya.

Mumet sih awalnya, belum nemu inspirasi atlasnya mau dibuat gimana karena designer ma programmer jadi satu orang. Belum, lagi urusan praktikum dan kuliah yang lain. Belum lagi urusan selain kuliah.
Hmmmm, Brrrrrrr. Semuanya numpuk jadi satu di akhir desember 2012.

Atlas pertama sukses dengan tampilan yang alhamdulillah ga jelek" amat, tapi isinya ga sesuai ma konsep atlasnya (dummy atlas). Alhasil, ditembaklah kami waktu responsi ma asisten" yang mengajarkan ilmu secara batin itu. Ya, karena tak ada praktek sama sekali di praktikum itu, Blass.
Beginilah tampilan Atlas 1.1.


Secara umumnya menurutku tampilannya cukup minimalis, gambar itu tampilan depannya aja. Dalamnya minimalis, banget malah. Sampe-sampe itu yang jadi masalah. Atlasnya ga sesuai ma konsep atlas yang dibuat sebelumnya. Dan setelah terjadi sedikit pembicaraan dengan para asisten praktikum yang tadi, keputusannya adalah atlas harus dikembangkan lagi (must be revisied). OK.

Mencari waktu yang tepat, dengan kondisi tubuh yang tak menentu aku coba bikin atlas barunya. Sampe cari suasana di Perpus Pusat UGM ditemani pipit yang juga satu kelompok, alhasil atlas 1.2 berhasil dibuat. Dengan tampilan sebagai berikut.


Alhamdulillah yang ini lebih waw dari yang pertama. Waktu KRSan 6 bulan lalu, mikir mata kuliah ini diambil ga ya (Pemrograman Spasial). Alhamdulillah setelah diambil ternyata manfaatnya ke mata kuliah satunya, Atlas dan Peta Navigasi.

The Last, semoga apa yang teman-teman dan aku kerjakan ini dapat bermanfaat bagi orang lain. Dan semoga kami dapat timbal baliknya berupa ilmu, nilai A, dan lainnya. Dan semua kembali pada yang menciptakan semuanya, Allah Ta'ala.

0 comments:

Post a Comment