Mereka Bertanya Kenapa Sekarang Aku Jarang Kelihatan

Sejak liburan semester 5 kemarin, aku memang jarang kelihatan di kampus.
Tepatnya setelah menyelesaikan amanah sebagai presiden kelompok studi fakultas Geography Study Club.

Menjelang liburan, mungkin dapat dibilang aku berada di kampus mulai jam 7 pagi sampai 11 malam. Untuk urusan kuliah, praktikum, organisasi, dan persiapan konferensi ke Jepang waktu itu. Jadi teman-teman sering melihatku hampir di setiap waktu.

Sekarang aku memang jarang kelihatan di kampus. Sebenarnya aku tidak kemana-mana. Pernah ada yang bertanya, kenapa sekarang kamu jarang kelihatan? Itu karena aku sedang memperbaiki pondasi. Pondasi apa? pondasi hidup.

Banyak hal yang dapat aku jadikan pelajaran selama liburan semester kemarin, terutama saat di Jepang. Juga saat di rumah sepulang dari Jepang. Dan di Jogja menjelang masuk semester 6. "Kenapa aku begitu banyak meluangkan waktu untuk target-target kecil dalam hidupku. Sementara target-target yang lebih besar sering ku lewati, atau ku tangguhkan". Nah, kira-kira begitu kalimatnya.

Sudah tahun ketiga, sudah saatnya kembali mengurus diri sendiri. Maksudku kembali berfokus pada diri sendiri. Banyak yang harus dibenahi. Sudah saatnya berpikir apa yang akan aku lakukan setelah ini, setelah S1 selesai. Apa yang harus aku persiapkan untuk menyelesaikan S1. Apa yang bisa aku bawa setelah selesai S1. Dan hal apa yang dapat memberikan kebaikan padaku selama S1 ini untuk hidupku keseluruhan. Itulah yang aku pikirkan akhir-akhir ini.

Aku merasa baik-baik aja, bahkan sepertinya ini waktu-waktu terbaik selama aku di Jogja, insya Allah.

0 comments:

Post a Comment